Selasa, 27 Maret 2012

Non-replacable Hometown.. Madura

Hello people..:)
Ngeliat judulnya aja udah tau kan aku mau bahas apaan ? Iya, MADURA :) , pulau beken tempat aku dibesarin. Udah pernah ke Madura belum ? Bagi yang sudah, selamat kamu sudah menjadi orang gaul :').
Aku tanya beberapa pendapat orang yang salah mengenai madura dan aku mau men-clarified pendapat yang salah itu. (NB : nama-nama dibawah ini disamarkan) :

"Madura itu gersang panas, begitu turun dari Suramadu, aku langsung putar balik ke Surabaya lagi" - Tinky Winky.
Tinky Winky, anda salah. Madura itu subur banyak sawahnya kok.. Masih banyak hutan-hutan yang bisa dijelajahin dan bisa jadi tempat buat berpetualangan bersama Dora. Disini juga masih banyak sungai-sungai kecil yang bisa kamu renangin, atau kalo kamu kurang puas, disini banyak pantai juga kok , atau kalo mau lebih brutal lagi, langung aja bungee jumping dari Jembatan Suramadu ke laut. Memang sih, daerah habis Suramadu itu memang gersang karena mau dibuat area pabrik tapi jalan beberapa km lagi udah gak kok :D.  Kalau urusan panas, Surabaya juga panas  #gakterima #hidupmadura.

"Makanan di Madura yang enak cuman bebek Sinjay, yang lain gak ada yang enak" - Dipsy
Ini salah satu pendapat yang SALAH BESAR. Disini tempatnya surga makanan dan Makanan disini itu HIGHLY RECOMMENDED semua . Dimulai dari bebek sinjay, yang enaknya gak ketulungan, dimana kalau kamu beli harus antri panjang. But worth it, dari semua bebek-bebek yang udah masuk perutku, nih bebek memang paling enak. Bumbunya, nasinya, anget-anget, pas banget di perut. Selain itu, ada yang namanya nasi jagung, kamu cari di seantero Surabaya, gak bakal nemu nasi campur jagung kayak gini. Komentar habis makan nasi ini : WUENAK TOK ! (y). Berbagai macam sate ada disini, mulai dari yang namanya sate ginjal,sate lontong, sate bandeng sampe sate lalat ( Bukan lalat sungguan terus disate, bukan.), kalau makan sate disini udah lupa daratan deh, tau-tau habis 20 tusuk sendiri. Terus ada yang namanya nasi campur Arosbaya, nasi amboina, Tajin (Bubur Madura), soto, rawon sama nasi serpang, yang udah siap manjain lidah. Dan ada beberapa restaurant disini yang masakannya bikin kita gak bisa berhenti makan !. Gak cuman itu, cemilan disini ya enak, dimulai dari yang namanya lorjuk, lorjuk itu semacam kerang tapi dikeringin. Adalagi yang namanya kerupuk rumput, yang terbuat dari rumput tertentu and my favorite is cumi-cumi kecil yang panjangnya cuman 1 cm dimasak bumbu item ( Asli, kalau makan ini udah berasa kayak di surga, enak buangetngetnget ). So, rugi besar kalo gak nyobain kuliner di Madura, makanan-makanan disini siap bikin kamu jadi gendut montok bahenol.

"Orang Madura itu kasar, bawaannya nylurit dan nakutin, logatnya juga mengerikan" - Lala
Asli nih. Orang ini minta dirajam rame-rame sama orang Madura. Gak semua orang Madura itu kasar dan dikit-dikit bawaannya mau nyelurit orang. Bukti nyata dan autentik adalah aku sendiri. Aku dari Madura, dan buktinya kalem-kalem ae, gak nakutin, plus lembut *hoek* *muntah*. Oke gak segitunya, yang pasti aku gak pernah nyelurit orang sejengkel-jengkelnya aku ke orang itu. Logat Madura gak mengerikan ya to. Malah keren menurutku. Bisa kedengeran khas dan orang yang denger pasti ngomong " oo..Orang madura to". Bahasa Madura juga gak beda jauh sama bahasa Jawa, sama-sama belajar tulisan hanacaraka ( Tulisan traditional yang mlungker-mlungker kayak cacing ). Intinya, orang madura banyak kok yang baik :) dan bahasa kita sudah cukup gaul.

"Madura gak ada mall, kurang seru"- Poo
Well yeah. Memang gak ada mall disini. Yah, namanya aja pulau kecil nan imut :). Tapi banyak juga kok kegiatan lain yang asik dilakuin disini. Contoh, mancing sampe laut, camping, keliling kota, manjat mercusuar, main layangan di alun-alun, sepedaan sampe gunung, dsb. Tapi kalo kamu udah jiwa ngemall dan gak bisa hidup tanpa mall, solusi satu-satunya adalah muterin indomaret dan nganggep bahwa itu mall, problem solved.

Walopun kecil, tenang, dan damai, aku yakin Madura suatu saat bakal dikenal masyarakat dunia dan bisa go international. Nothing's impossible dan lagipula disini gak ndeso-ndeso amat .Dan bagiku sendiri, Madura itu non-replaceable hometown and a great place for food adventure B)

 Nasi bebek sinjay.. Harus.Bisa.Menahan.Napsu.Buat.Nambah...

Rice corn :9

Believe me, orang Madura ga senakutin ini -____-

Jumat, 16 Maret 2012

Games

Yeah postingan kali ini temanya tentang games. Aku termasuk salah satu orang yang suka main games. Dimulai dari games BINGO yang hanya ditulis di kertas sampe Tap-tap yang ada di iPod, I love it all.
Anyway, aku mau bahas beberapa games yang nge-trend di jamanku pas SD.

Dimulai dari do-mikado. Dengan lagunya yang khas "Do.. mikado... mikado...eska... eskado... eskado...Piya piyo piya piyo..cis cis one two three four five six seven eight nine ten" kita main sambil nepuk nepuk tangan terus kalau udah denger kata "ten" orang yang terakhir harus nepuk tangan orang sebelahnya. Pokoknya gitu lah. Tadi di kelas, aku dengan 7 orang lainnya bernostalgia main do-mikado. Dan entah kenapa aku selalu kalah kurang beruntung main game itu. Ada 1 temenku, sebut aja namanya Bejo. Dia bener-bener serius banget maen nih game tadi. Dengan muka nggetunya sampe otot-otot muncul semua dan ada aura gelap dibelakangnya yang mengatakan "gue harus menang. This is sparta!!", dia nyaris menghancurkan tangan salah satu temennya demi menang. Ya udah, mungkin masa kecilnya kurang bahagia :').

Move on, game kedua. Game ini dinamai "Tepuk seribu". Jadi kamu harus melakukan gerakan menepuk-nepuk dengan pola tertentu sebanyak-banyaknya yang kamu bisa. Seru abis. Record paling banyakku adalah 46x dan tanganku udah kesemutan. Jadi kepikiran, Namanya kok tepuk seribu ? Seperti apakah orang yang berhasil main itu sampai 1000x tepukan ?

Game ke 3 adalah game "zebra cross". Game ini adalah game yang ditentukan oleh suit, dimana yang menang dikasih kesempatan 1x langkah buat nginjek kaki yang kalah. Game ini sungguh amat brutal. Dulu, sampe manjat-manjat kursi buat ngehindarin injekan temen, bahkan sampe meluk tiang.Saran buat main game ini : Pakailah sepatu duri, jadi temenmu gak bakalan mau nginjek kakimu #trollface

Masih banyak lagi game-game unyu jaman SD. Seperti kelereng, bekel, tanjan bahkan perang bantal diatas bambu (serius, game ini seru abis). Tapi karena perubahan jaman yang semakin brutal, game-game manis ini mulai tergusur oleh game-game komputer. Seperti RF, RO, dota, dan bahkan game yang cukup membuat jantung lompat, DEAD SPACE. *Trek trek dss*

 ea ea ea...Jangan makan aku.. Jangan..Jangan
 Adios do-mikado, hola Dead space ☺

Perubahannya cukup drastis ya, dari game yang cuman bermodal tepuk tepuk tangan kayak do mikado menjadi game yang butuh kekuatan tahan mental kayak dead space. Dan jujur aja, aku masih mengumpulkan mental buat main game ini *jeng jeng jeng jeng*, wismilak ☺.

Tapi gak semua game berubah brutal jadi kayak dead space gitu. Banyak kok game-game seru nan imut yang bikin nagih juga. Contoh : Ragnarok, pet society dan yang paling kusuka, Harvest moon ☺. 

 Uhuuyy...

Gini-gini, aku jago banget main game ini. Punya banyak sapi, ayam,domba dan uang bahkan punya anak 3 dan ladangku penuh tanaman. HUAHAHA. Oke memang aku lebih cocok main ginian dibanding dead space.

Tapi dipikir-pikir, game ber-evolution cukup drastis juga. Jamanku SD aku main pake tangan, batu, kertas. Eh sekarang anak-anak SD udah punya PSP, Nintendo wii bahkan iPad. Jadi inget mottonya Film SAW yang ngomong "I want to play a game, a game with your life", mungkin jamannya cucuku masuk SD, games nya udah berevolusi pake nyawa orang kayak film SAW. Ngeri.
a game with your life.. *nada horror*

Jadi moral value of this post, Gak cuman binatang aja yang perlu dilestarikan, tapi games-games unyu kayak do-mikado perlu dilestariin juga supaya gak punah ☺. Di masa depan kita harus bangga bilang ke anak-anak kita, "HUH ! Kamu maen game serem gini ? Mama lho pas SD maen do-mikado, lebih sangar"

Sekian dari Evelyn, love and cheers :)